HIV Clinical Guide: Aplikasi penanganan dan pencegahan HIV

Oleh Mahanani Satiti

hiv-clinical-guides-app-solution-edit-bob1

Aplikasi HIV Clinical Guide yang dapat diunduh tenaga kesehatan

HIV Clinical Guide adalah sebuah aplikasi yang menyediakan guideline untuk membantu para tenaga medis di Afrika Selatan dalam menangani penderita HIV/AIDS.

Aplikasi ini berisi guideline konsolidasi nasional untuk pencegahan transmisi HIV dari ibu ke anak dan manajemen HIV pada anak, remaja dan dewasa yang dirilis oleh Departemen Kesehatan Nasional Afrika Selatan pada bulan April 2015. Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan tenaga medis profesional, tenaga medis setempat dan petugas dinas kesehatan baik nasional maupun lokal. Guideline dalam aplikasi berisi program yang mencakup pengobatan dan pencegahan HIV pada ibu hamil dan menyusui, anak dan dewasa. Program tersebut berupa screening dan konseling HIV, manajemen HIV secara umum dan penggunaan obat ARV mencakup regime, dosis dan monitoring serta evaluasi pengobatan. Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah Afrika Selatan berharap seluruh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama mampu melakukan pencegahan dan pengelolaan pasien HIV.

Menurut Saya aplikasi ini sangat menarik untuk diterapkan di Indonesia mengingat angka penderita HIV yang terus meningkat namun tidak diimbangi dengan fasilitas kesehatan atau SDM yang memadai di layanan primer

Referensi

http://openmedicineproject.org/photo-gallery/hiv-clinical-guide-app/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s