Smarter than Smoking: Strategi Multimodal Pencegahan Merokok pada Anak Usia 10-15 tahun di Australia Barat

Oleh Randy Renaldo Wiratara

capture

Smarter than Smoking merupakan strategi pencegahan merokok pada anak usia 10-15 tahun di Australia Barat melalui:

  • Media Massa : iklan di televisi, radio, bioskop, SMS, promosi di internet, dan media cetak kaum muda

capture

  • Edukasi Berbasis Sekolah: materi dan training kepada petugas kesehatan di sekolah untuk memberikan bantuan berhenti merokok
  • Sponsor: sponsor tentang pesan anti-rokok “Smarter than Smoking” pada turnamen olahraga dan acara seni, serta kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak muda
  • Publikasi, Merchandise, dan Website: brosur, pakaian, botol minum, pena, stiker, dan tattoo temporer yang berisikan pesan anti-merokok “Smarter than Smoking”
  • Advokasi: mengadvokasikan ke pemerintah untuk mengurangi akses rokok bagi anak muda, misalnya larangan iklan rokok di bioskop dan larangan menjual rokok bagi anak di bawah umur

Referensi

  1. Wood, L. J., Dip, P., Rosenberg, M., Clarkson, J., Phillips, F., Donovan, R. J., & Shilton, T. (2009). Encouraging young Western Australians to be smarter than smoking. American Journal of Health Promotion, 23(6), 403-411.
  2.  www.smarterthansmoking.org.au
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s