Pramuka Sebagai Agen Perubahan

Oleh Soraya Nabila Arifa

Pramuka2.png

Rekan dari divisi nutrition melakukan diskusi dengan kakak-kakak pramuka. (Credit to UNICEF Indonesia)

Sebuah kisah yang saya baca dalam blog Kisah Nyata oleh UNICEF Indonesia,

“Pertemuan lima tahunan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang aktif di satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada) tingkat nasional akan digelar pada 17-23 Oktober 2016 bertempat di Bumi Perkemahan Serut, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan dalam bentuk perkemahan bakti ini  disebut Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional ke V (PERTINAS SBH 2016)

Pada kegiatan perkemahan ini UNICEF ikut andil dalam mendukung pelaksanaan kegiatan dalam beberapa segmen: pendirian booth informasi kerjasama, dukungan material peraga untuk pendalaman krida Bina Lingkungan Sehat dalam platform WASH dan pendalaman krida Bina Gizi Sehat dalam platform Adolescent Nutrition.

“Pada hari pertama pelaksanaan PERTINAS SBH 2016, sejak pagi hari sudah terlihat aktivitas pada booth UNICEF, dari divisi Nutrition UNICEF melakukan kegiatan pre-test material dari modul nutrition dengan mengundang kakak-kakak Pramuka untuk berdiskusi mengenai materi yang terkandung dalam modul pelatihan gizi untuk pramuka yang direncanakan akan digunakan pada aktivitas follow up pasca Pertinas SBH 2016. Diskusi tersebut dilakukan dengan proses reading materi oleh Pramuka, lalu dari pihak Pramuka akan memberikan opini dari sudut pandang mereka masing masing. Dari diskusi tersebut didapatkan beberapa point yang bisa digunakan sebagai bahan improvement untuk materi Nutrition kedepannya.”

Menurut saya dalam hal ini UNICEF melakukan hal yang tepat dengan mengajak pramuka seluruh Indonesia berpartisipasi dalam programnya, terutama tentang nutrisi, sekaligus membuat agen perubahan di daerah masing masing setelah selesai dari acara PERTINAS SBH 2016. Sebagai dokter kedepannya, hal seperti ini dapat dicontoh, bisa bekerja sama dengan sekolah atau organisasi seperti UNICEF.

http://indonesiaunicef.blogspot.co.id/2016/10/pramuka-sebagai-agen-perubahan.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s