CHAMPS (Children and Mentally ill parents)

Oleh : Maria Alethea Septianastiti

kindergarten1

CHAMPS (Children and Mentally ill parents)  merupakan program kesehatan di Melbourne, Australia yang memanfaatkan dukungan teman sebaya untuk anak berusia 8-12 tahun dari orangtua yang mengalami gangguan mental. Tujuan dari program ini adalah memberikan informasi sesuai usia anak terkait gangguan mental. Mereka bisa bertemu anak-anak lain  dalam situasi yang sama untuk belajar tentang health
y coping strategy.
Berikut ini merupakan program CHAMPS :

  • CHAMPS After School Program

Merupakan program 8 minggu terstruktur untuk anak-anak berusia 8-12 tahun yang diadakan sepulang sekolah di berbagai tempat di wilayah metropolitan timur. Kegiatan ini berlangsung selama 1,5 jam setiap harinya. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan informasi sesuai usia dan dukungan melalui lembar kerja dan kegiatan.

  • Martial Arts as Therapy Program

Merupakan program 8 minggu yang menggabungkan dasar-dasar manajemen perilaku dengan prinsip-prinsip seni bela diri.

  • Kids Club

Sebuah program peer support bulanan untuk FaPMI (families where a parent has a mental illness)  yang sebelumnya telah terlibat dalam program CHAMPS. Program ini lebih menekankan pada rekreasi.

Program CHAMPS berhasil meningkatkan penghargaan anak untuk diri sendiri, problem-focused coping, dan hubungan dengan keluarga. Namun karena keterbatasan data, hasil jangka panjang dari program ini masih tidak jelas.Program ini diadakan secara cuma-cuma. Menurut saya program ini baik dan dapat dilakukan di manapun, termasuk Indonesia. Tantangannya adalah bagaimana menemukan dan mengumpulkan anak-anak dari orang tua dengan gangguan mental dan memastikan peserta terus mengikuti program selama 8 minggu.

REFERENSI

https://www.easternhealth.org.au/services/item/183-children-families-better-understand-mental-illness-champs

Reupert, A. E., Cuff, R., Drost, L., Foster, K., van Doesum, K. T., & van Santvoort, F. (2012). Intervention programs for children whose parents have a mental illness: a review. Medical Journal of Australia196(7), 18.

Save

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s