Inovasi Philips dan Bundamedik Membantu Memperbaiki Angka Kematian Ibu di Sumatera Barat

Proyek Percontohan Mobile Obstetrical Monitoring (MoM) Solution Philips memperluas lagi akses layanan kesehatan dan memperbaiki Angka Kematian Ibu (AKI).

 

Selama program berlangsung, jumlah kehamilan beresiko yang teridentifikasi oleh para bidan melalui konsultasi dan pengawasan jarak jauh oleh ahli kandungan, meningkat secara substansial. Seluruh Ibu yang berpartisipasi berhasil melalui masa kehamilan dan melahirkan dengan selamat.

Sebagai solusi layanan kesehatan jarak jauh yang terukur dan dapat diadaptasi sesuai dengan kebutuhan perkotaan dan pedesaan, dalam bentuk aplikasi ponsel, MoM menjadi bekal utama para bidan saat mengunjungi ibu hamil di rumahnya. Dengan MoM, data kehamilan yang diunggah secara online atau melalui SMS, dihubungkan ke pusat data utama. Selanjutnya ahli kandungan memonitor laporan-laporan tersebut untuk kemudian mengidentifikasi kehamilan beresiko tinggi, dan memberikan penanganan lanjutan sesuai kebutuhan.

“Para dokter dan bidan dapat mengidentifikasi kehamilan beresiko jauh lebih cepat sehingga dapat memberikan saran terhadap penanganan yang tepat dan pada waktunya. Solusi MOM dapat mengatasi keterbatasan sumber daya manusia dengan memanfaatkan teknologi layanan kesehatan jarak jauh.”

Philips dan IRSI berencana untuk mempresentasikan hasil program ini ke Kementerian Kesehatan dan melihat kemungkinan program ini dapat diimplementasikan secara nasional. 

Referensi

http://www.philips.co.id/a-w/about/news/archive/standard/news/press/2015/20150227_Philips-innovation.html

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s